Apakah DPR Juga Mau Lempar Tanggung Jawab Hanya Karena Digoda Setan?

Anggota DPR dari PKB, Nasim Khan (NK), menolak DPR disebut sebagai lembaga terkorup. Alasannya, karena sebagian pihak pejabat Pemerintah justru yang sering menggoda para anggota DPR dengan berbagai proyek, sehingga mereka jadi korup.

Pakar politik senior AS Hikam mempertanyakan alasan yang dikemukakan tersebut. [Baca: DPR Ogah Disebut Lembaga Terkorup]

"Ini sama saja dengan mengatakan bahwa manusia tidak salah jika berbuat jahat dan/atau melakukan perbuatan dosa karena ia digoda setan. Karena itu yang salah adalah setan," ungkapnya (Selasa, 20/3).

Menurutnya, dengan cara berfikir yang ringsek seperti ini, bukan saja anggota DPR sedang berusaha menimpakan kesalahan kepada pihak lain. Tetapi yang lebih fatal adalah ia sebenarnya mengatakan bahwa manusia tidak punya tanggungjawab pribadi. Selain itu ia juga seperti tak paham dengan yang disebut dengan akuntabilitas publik.

"Lha kalau kualitas anggota DPR seperti ini, bisa dibayangkan betapa sulitnya melakukan pemberantasan korupsi di DPR," jelas Menristek era Pemerintahan Gus Dur ini. 

Dia menegaskan semestinya parpol-parpol bertanggungjawab untuk menyeleksi dan mendidik caleg-calegnya agar setelah menjadi wakil rakyat mereka tidak memalukan. 

"Setidaknya mereka paham tentang apa tugas dan kewajiban sebagai wakil rakyat," tandas mantan politikus PKB tersebut. [zul]

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apakah DPR Juga Mau Lempar Tanggung Jawab Hanya Karena Digoda Setan?"

Posting Komentar