Awas!!! Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan

Tak hanya sekedar alat komunikasi, ponsel pintar atau smartphon menjadi alat untuk mendukung gaya hidup masyarakat modern. Bahkan, hampir di setiap kwartal beberapa perusahaan teknologi merilis ponsel baru terbaru yang membuat pemiliknya aktif di media sosial.
Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, ketergantungan ponsel menjadi semakin tinggi. Tak jarang, waktu menjelang tidur digunakan netizen untuk mengunggah status dan foto.

Ternyata aktivitas memainkan ponsel di kamar menjelang tidur dengan penerangan minim menggangu kesehatan mata. Laman Womens Health melansir berita, seorang wanita telah menjadi buta buta sementara setelah beberapa saat menggunakan ponselnya di kamar gelap sebelum tidur.
Menurut sebuah studi kasus baru yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, cahaya terang dari ponsel dapat menyebabkan penglihatan buta. Setidaknya untuk sementara.
Dalam satu kasus, seorang wanita 22 tahun itu mengalami kehilangan penglihatan di mata sebelah kanannya setelah menggunakan ponsel dalam waktu lama di malam hari.
Dokter mata yang memeriksa wanita ini tidak tahu apa yang menyebabkan kebutaan sementara. Kemudian, dalam kasus kedua, seorang wanita 40 tahun dilaporkan kehilangan penglihatan di salah satu mata selama sekitar 15 menit setiap pagi setelah dia bangun.
Sekali lagi, dokter mata bingung dengan kejadian ini.

Akhirnya, setelah melakukan pemeriksaan didapati kedua wanita mengalami kehilangan penglihatan setelah menghabiskan beberapa menit menatap ponsel mereka sambil berbaring di tempat tidur dalam gelap. Ditemukan juga korekasi bahwa kehilangan penglihatan selalu konsisten dengan lama dan sisi mata wanita itu terbaring.
Penelitian di The New England Journal of Medicine memberi penjelasan, bahwa ketika berbaring di tempat tidur sambil melihat telepon Anda, Anda sering hanya melihat dengan satu mata sementara yang lain terpejam diatas bantal. Hal ini menyebabkan “photopigment bleaching” di mata yang menyesuaikan dengan cahaya terang layar, sementara mata yang lain beradaptasi dengan suasana gelap.
Jadi, kurangi menggunakan ponsel sebelum tidur ya.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Awas!!! Sering Main Ponsel Sebelum Tidur Dapat Sebabkan Kebutaan"

Posting Komentar