Jokowi Jengkel Dengan PNS Yang Sibuk Urus SPJ

KusukaNews - Berkaitan dengan korupsi dan inefisiensi birokrasi, Presiden Jokowi mengkritik kertas perilaku birokrasi Indonesia yang masih terjebak dengan perilaku mengurusi SPJ (surat pertanggungjawaban).

"Saya jengkel sekali dua tahun ini, 60-70 persen birokrasi kita itu energinya habis untuk urus SPJ," kata Jokowi, di acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa, (6/12).

Hal itu berdasarkan temuannya di lapangan, yakni banyak sekali birokrat yang tidak berada di lapangan, tapi berada di kantor mengerjakan SPJ.
Ia mempertanyakan, kenapa tidak ada petugas rutin di lapangan, dan birokrat lebih memilih bekerja di dalam kantor. Ia memberikan contoh di sektor Pekerjaan Umum.
"Kenapa tidak ada pengawas proyek rutin yang ada di lapangan, (cek) kualitas jalan, jembatan.  Lembur tengah malam pada ngerjain SPJ," beber dia.

"Guru, kepala sekolah juga sama. Sampai tengah malam, saya pikir menyiapkan kegiatan belajar anak, ternyata mengerjakan SPJ," sambung Jokowi.

Menangani persoalan inefisensi birokrasi dan korupsi diakui Jokowi bukanlah hal yang mudah. Ia meyakini, lewat paket kebijakan ekonomi atau hukum akan memberikan dorongan untuk pengurangan korupsi dan inefisiensi birokrasi. (rmol)



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Jokowi Jengkel Dengan PNS Yang Sibuk Urus SPJ"

Posting Komentar