10 Personel Brimob Kawal Kereta Api yang Dinaiki Rombongan The Jakmania

BANDUNG - Sepuluh personel Sat Brimob Polda Jabar mengawal kepulangan The Jakmania, suporter Persija Jakarta, dari Cilacap, Minggu (26/3/2017).
Pengawalan dilakukan mulai dari Stasiun Banjar sampai Stasiun Purwakarta.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pengawalan dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi pelemparan terhadap kereta api yang ditumpangi The Jakmania.
Rombongan The Jakmania itu menaiki Kerata Api Serayu jurusan Purwokerto-Pasar Senin Jakarta.
"Rangkaian kereta api sebanyak 8 gerbong dengan jumlah suporter 94 orang. Mulai melintasi wilayah hukum Polda Jabar sejak tadi pagi tiba di Stasiun Kota Banjar jam 08.53 WIB dan berangkat kembali jam 09.00 WIB," kata Yusri melalui pesan singkat, Minggu (26/3/2017).
Tak hanya menempatkan 10 personel di dalam kereta, kata Yusri, aparat kepolisian juga dikerahkan di setiap stasiun pemberhentian dan stasiun yang hanya dilintasi.
Tak hanya stasiun, pintu perlintasan pun dijaga sejumlah petugas ketika kereta api melintas.
"Seluruh personil yang dilibatkan pengaman suporter The Jakmania melaksanakan penjagaan dan pengawasan di titik yang sudah dipetakan," kata Yusri.
Diberitakan sebelumnya, Polsek Kiaracondong menangkap sembilan pemuda yang diduga melakukan perusakan terhadap Kereta Api Serayu, Jumat (24/3/2017) dini hari.
Mereka melempari kereta api yang disebut-sebut terdapat sejumlah pendukung Persija Jakarta, The Jak Mania.
Informasi yang dihimpun Tribun, kesembilan pemuda itu berinisial DK (22), M (21), OM (22), IF (19), IIU (19), HA (18), AFJ (21), MI (21), dan IZM (17). Mereka ditangkap aparat Polsek Kiaracondong ketika melakukan aksinya di Stasiun Kiaracondong pukul 00.15 WIB.
"Mereka melempari kereta api yang sedang transit di Stasiun Kiaracondong dengan menggunakan batu yang berada di rel kereta api," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo, melalui Kapolsek Kiaracondong, Kompol Asral Bakar, kepada wartawan di Markas Polsek Kiaracondong, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung, Jumat (24/3/2017).
Asral mengatakan, para pelaku perusakan tidak merencanakan pelemparan tersebut, melainkan hanya berkumpul di Stasiun Kiaracondong.
Menurunya, pelemparan dilakukan setelah mereka mengetahui ada pendukung Persija di Kereta Api Serayu.
"Secara spontan mereka melakukan pelemparan karena megetahui ada The Jak Mania memposting via media sosial instagram bahwa akan menuju kota Cilacap karena ada pertandingan dengan PS Cilacap melalui Kota Bandung," kata Asral. (cis)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "10 Personel Brimob Kawal Kereta Api yang Dinaiki Rombongan The Jakmania"

Posting Komentar